Home > Networking, Uncategorized > IDE RANCANGAN EARLY WARNING SYSTEM SYSTEM BUZZER DAN CLOUD COMPUTING

IDE RANCANGAN EARLY WARNING SYSTEM SYSTEM BUZZER DAN CLOUD COMPUTING


“Merupakan Tulisan pertama ”

Walau baru berupa ide, semoga jadi pembuka gembok untuk menulis ide – ide lainnya. Terimakasih Untuk Bp. Eko Promono, SSi, MT. atas Pecutan semangat dan idenya.

Pendahuluan

Sebuah kenyataan yang harus diterima bahwa Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang padat bencana. Paling tidak kota seperti Jakarta, banjir sudah menjadi langganan setiap tahun. Belum lagi bencana alam lainnya, seperti, longsor, gempa yang banyak menelan korban.

Dalam bencana apapun, seperti bencana alam di Padang, Jogjakarta, Aceh dan daerah  lain di Indonesia, e-mail dan SMS berisikan pertanyaan mengenai kondisi wilayah, kondisi korban, mencari sanak saudara, mencari bantuan, mencari pertolongan menjadi hal yang sangat kritis dan dibutuhkan.

Begitu juga dengan system peringatan kepada masyarakat, masih sangat lemah. Kadang ada data peringatan dini yang telah masuk ke BMKG, atau badan lainnya, namun tidak dapat diakses / diterima oleh masyarakat dengan cepat.

Di sisi lain, para relawan yang berusaha membantu juga tidak kalah pusingnya mencari lokasi yang membutuhkan pertolongan, mencari alamat tempat pengiriman bantuan, pengiman makanan, obat-obatan, mencari lokasi longsor, menemukan penampungan pengungsi dll, semua serba simpang siur tidak ada sumber informasi yang terpusat, tidak ada komunikasi yang reliable.

Untuk itu kita akan membutuhkan sebuah sistem informasi yang memungkin korban, sanak saudara maupun relawan, pemerintah, dan tim SAR saling berinteraksi dan berkoordinasi satu sama lain.

 

Dasar Ide

Ide System Peringatan Dini, menggunakan system buzzer dan cloud computing terdiri dari 2 hal utama, didasarkan pada kemampuan masyarakat pedesaan yang masih cendrung menggunakan suara untuk peringatan dini masalah, seperti adanya kentongan, sirine. Dan untuk para relawan, SAR, dan pemerintah yang membutuhkan data akurat dan cepat, tidak terkendala lokasi akses, maka perlu adanya lokasi penyimpanan yang selalu tersedia, dan dapat diakses dari manapun, oleh siapapun dengan cepat.

Alat dan lokasi penempatannya

Alat yang digunakan terdiri dari 2 system dan jenis alat yang berbeda.

  1. Buzzer

Untuk system buzzer dalam hal ini menggunakan suara yang kiranya dapat langsung didengar oleh masyarakat, alat yang digunakan adalah alat berteknologi sederhana, sehingga dalam pemasangan, akses dan pemeliharaan dapat lebih mudah dan dapat dioperasikan oleh masayarakat pada umunnya.

  1. Cloud data computing

Pada system ini, informasi yang diperoleh pada system buzzer, di translasikan dan dikirim ke cloud sehingga dapat diakses oleh pihak-pihak yang membutuhkan.

Data yang disampaikan adalah lokasi, jumlah penduduk pada lokasi tersebut dengan range tertentu, dan peta jalur menuju ke lokasi dan tentunya dapat pula di informasikan data-data lain yang mendukung dan dibutuhkan.

Penempatan dari kedua alat ini adalah sebagai berikut:

Untuk system buzzer, diletakkan sedekat mungkin dengan masyarakat, sedang untuk system cloud computing dapat diletakkan pada beberapa lokasi yang related lebih aman dan mudah dijangkau.

Pembahasan

System Buzzer

System buzzer terdiri dari sensor, baik sensor ketinggian air (bencana banjir), sensor suhu (bencana kebakaran) dan dapat pula sensor yang lain.

Sensor ini dikoneksikan ke pusat data yang nantinya akan mengirimkan data langsung ke cloud computing dan dikoneksikan pula ke alat yang akan mengeluarkan suara(buzzer), dapat berupa suara sirine atau kentongan, yang dapat didengar langsung oleh mayarakat. Data yang dikirimkan oleh pusat data ini, terdiri dari :

lokasi koordinat daerah bencana yang ter cover oleh sensor, jumlah total penduduk daerah bencara, contact person bencana atau kepala daerah, mulai dari RT hingga Ke tingkat diatasnya, dll.

Cara kerja system

System ini bekerja berdasarkan perubahan dari sensor yang kita pasang, bila terjadi perubahan pada batas tertentu dari sensor, sensor akan mengirimkan sinyal yang akan di terjemahkan menjadi 2 bagian, yaitu sinyal pengaktifan buzzer dan sinyal pengaktifan pengiriman data ke cloud computing,

System ini dapat pula digabungkan dengan system yang sudah ada, misalkan sms gateway dan system lainnya.

Penjelasan Gambar

  1. Sensor yang terpasang dilokasi yang dianggap rawan bencana.
  2. Bila terjadi perubahan data pengukuran yang diberikan sensor tersebut, maka sensor akan mengirimkan sinyal perintah ke pada blok 1 untuk melakukan 2 hal yaitu mengaktifkan buzzer dan mengirimkan data ke cloud computing.
  3. Buzzer yang menerima sinyal buzzer akan membunyikan sirine tanda bahaya dan mengirimkan/meneruskan sinyal buzzer tersebut ke tempat-tempat tertentu yang terhubung, untuk mengaktifkan system buzzer yang lain.

Komunikas yang digunakan

Komunikasi data yang digunakan,

  1. Menggunakan kabel langsung, hubungan antara sensor dan buzzer dilokasi penempatan sensor.
  2. Menggunakan  wifi untuk mengantarkan sinyal buzzer ke computer utama dimana data disimpan, dan
  3. Internet untuk menyampaikan data dari computer utama ke computer remote dan cloud.   

Kesimpulan

Dari system ini, dapat memberikan peringatan dini secara simultan, baik ke masyarakat secara langsung dan  pusat data yang dapat dia akses oleh relawan, BaSAR dan pemerintah ari manapun karna berbasis cloud.

Pustaka

  1. http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Sistem_Informasi_Bencana, Ono w purbo,  januari 2010.
  2. http://www.biskom.web.id/2010/12/27/sistem-peringatan-dini-bencana-alam-dari-konsep-ke-tindakan.bwi, noname, desember 2010.
Categories: Networking, Uncategorized
  1. 21 October 2012 at 9:48 am

    Oooooo,..begitu ya,…

    • 21 October 2012 at 9:52 am

      Iya pak eko… Makasih Atas ilmunya.. Pengen sih ngobrol-ngobrol lagi sama bapak, kapan-kapan, kalok bapak ada waktu. Pengen tanya macem-macem nih🙂 makasih ilmunya pak.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: