Home > jualan, teh jati cina, Warna-warni > Kandungan Senyawa Aktif Teh Jati Cina

Kandungan Senyawa Aktif Teh Jati Cina


Bukti Ilmiah jati cina yang telah diteliti sebelumnya


Senyawa aktif Teh Jati Cina/ Daun Jati Cina

Berdasarkan analisis fitokimia dalam daun jati cina terkandung triterpen, kariofilen, katekin, farnesol, friedelin, asam kaurenat, prekosen I, prosianidin B-2, prosianidin B-5, prosianidin C-1, sitosterol, friedelin-3a-ol, sterol, alkaloid, karotenoid,

JATI CINA SEBAGAI PELANGSING

Kandungan senyawa aktif dalam daun jati cina seperti tanin membantu mengurangi Penyerapan senyawa seperti lemak dalam H saluran cerna. Tanin dapat menyerap lemak atau karbohidrat dari makanan yang masuk sebabnya jati cina berperan untuk menurunkan berat badan. Dengan mengkonsumsi ramuan jati cina secara teratur, berat badan bisa dijaga tetap stabil. Karena keberadaannya sebagai penghambat, maka tidak tertutup kemungkinan berat badan kembali naik jika konsumsi jati cina dihentikan.Herbal yang berkhasiat pelangsing biasanya memiliki efek diuretik dan pencahar. Jika dikonsumsi tanpa aturan dan takaran yang benar akan mengakibatkan dehidrasi, karena hilangnya elektrolit ( kalium dan natrium) . Pemakaian jati cina perlu perhatian khusus terutama pada penderita yang memiliki gangguan jantung dan ginjal.

JATI CINA SEBAGAI PENURUN KADAR KOLESTEROL

Gangguan metabolisme lemak, salah satunya hiperlipidemia, merupakan faktor utama penyebab penyakit jantung koroner. Hiperlipidemia merupakan suatu kondisi saat kadar plasma dari lipoprotein-lipoprotein melebihi nilai normal. Salah satu komponen lipoprotein adalah kadar kolesterol total dan trigliserida. Dari berbagai penelitian di perguruan tinggi di Indonesia, ekstrak jati cina bekerja menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida darah tikus. Diduga jati cina bekerja dengan jalan meningkatkan kerja enzim lipoprotein lipase. Lipoprotein adalah alat pengangkut dan penyebar kolesterol di dalam tubuh. Kolesterol adalah salah satu jenis lemak dalam tubuh yang berguna untuk membentuk sel dan berbagai hormon. Karena itulah ia harus disebar merata ke dalam tubuh oleh lipoprotein. Berdasarkan kepadatannya, lipoprotein dibedakan menjadi lipoprotein berdensitas tinggi ( HDL) dan berdensitas rendah ( LDL) . HDL mengangkut kolesterol dari pembuluh darah dan berbagai organ tubuh menuju hati untuk diproses. Dari sini kolesterol diangkut oleh LDL kembali ke jaringan-jaringan perifer untuk kelangsungan hidup individu. Pada keadaan normal HDL harus lebih dari 45 mg/ di, LDL tidak lebih dari 150 mg/ dl. Masalah timbul jika kadar kolesterol total melebihi ambang batas. Kadar kolesterol total seharusnya kurang dari 200 mg/ cll. Keadaan makin buruk jika kadar HDL anjlok atau kadar LDL melonjak. Melambungnya kadar LDL menyebabkan jumlah kolesterol yang diangkut dari hati ke pembuluh darah dan organ tubuh meningkat. Akibatnya, pembuluh darah yang semula lentur perlahan kaku lantaran lemak menumpuk pada dinding pembuluh darah. Berbagai percobaan pada tikus menunjukkan jati cina cenderung menghambat pertambahan bobot tubuh. Hasil Riset membuktikan pengaruh pemberian ekstrak etanol daun jati cina terhadap aktivitas enzim lipase pankreas pada mencit. Enzim itu diproduksi sel acinar yang berfungsi menghidrolisis trigliserida dari makanan dalam usus menjadi 2 monogliserida dan 2 asam lemak rantai panjang. Mekanisme kerja jati cina melawan kolesterol adalah dengan menghambat enzim lipase pankreas. Enzim lipase adalah enzim yang diproduksi sel acinar yang fungsinya menghidrolisis trigliserida dari makanan dalam usus menjadi 2 monogliserida dan 2 asam lemak rantai panjang. jika aktivitas enzim lipase pankreas meningkat akan meningkatkan penyerapan monogliserida dan asam lemak yang justru memicu obesitas. Oleh sebab itu aktivitas enzim ini harus dihambat. Hasil penelitian menunjukkan penurunan aktivitas enzim lipase dan pertambahan bobot terkecil pada mencit yang diberi ekstrak jati cina. Menurut Setyo efek itu muncul karena senyawa alkaloid pada jati cina berstruktur kimia mirip Orlistat, obat sintesis kimia yang kerjanya menghambat aktivitas enzim lipase pankreas sehingga meningkatkan sekresi lemak melalui feses. Orlistat merupakan penghambat aktivitas enzim lipase. Akibatnya, penyerapan lemak oleh hati terhambat sehingga mustahil diubah menjadi kolesterol. Sebuah penelitian memperkuat bukti keampuhan tanaman asal hutan Amazon itu. Ekstrak daun jati cina diberikan secara oral dengan konsentrasi 15-30% kepada kelinci. Hasilnya, kadar kolesterol turun drastis.

Lihat juga Teh jati Cina…

Sumber : http://kesehatan.kompasiana.com


  1. dewie natalia
    13 January 2011 at 10:42 am

    teh daun jati china itu pohonnya kayak apa sih?? dan nama ilmiahnya apa?makasih..

    • Rikie Kartadie
      15 January 2011 at 1:09 pm

      teh jati cina pohonnya seperti pohon petaicina, karna berkelas sama yaitu polong-polongam, nama latinnya Cassia angustifolia Vahl

  2. ChoogSWhahbom
    30 January 2011 at 5:45 am

    Nauczylem sie wiele

  3. maretha
    29 March 2011 at 3:41 pm

    sist klo misal yang pake ada gangguan ginjal dan jantung mank apha efeksampingnya sist.trus ada efek G’ untuk penyakit lainya.onkir ke surabaya berapa sist. makasih

  4. 3 April 2011 at 10:47 am

    Seperti pembahasan diatas, untuk penyakit ginjal dan gangguan jantung butuh perhatian khusus. Untuk ongkir ke surabaya tergantung kargonya, biasanya 15-20rb/kg.

  5. nurul
    4 December 2011 at 7:39 am

    di larang ga buat ibu yang menyusui dan yang punya penyakit maag?

    • Rikie Kartadie
      4 December 2011 at 7:43 am

      Mohon dibaca command atas.

      Kl masih menyusui, tergantung bayinya udh usia berapa, rp sebaiknya ditunda dulu.

      Kl sakit maag, insyaAllah gak masalah yang penting selalu minum air putih yg cukup

    • Rikie Kartadie
      4 December 2011 at 6:39 pm

      Untuk pertanyaan tentang teh jati cina, biar lebih lengkap lagi silahkan lihat pada post tentang teh jati cina.

  6. rabia aftadina
    27 March 2012 at 12:18 am

    sist_mekanisme kerja dari teh ini tu gmn di dlam tubuh,, terus jika kolesterol itu terlarut,, apa ada zat penggatinya yg sudah terdapat dlm daun itu,, misal glukosa,, atau mlh bentuk karbohidratnya.. brp persen?? mksh sist

    • Rikie Kartadie
      27 March 2012 at 7:35 am

      Untuk sampai seilmiah itu, kami belum bisa jelaskan detil. Info yg kami dapat br sampai apa yg kami sampaukan aja… Kl mbak mau bantu jelaskan kami sangat terimakasih.

  7. nelda
    28 March 2012 at 10:51 am

    ada katekinnya juga gak ?

  8. eva
    2 August 2012 at 10:03 pm

    mba saya mau pesen dong, yang 100gr sebanyak 2 bungkus ,, yang kemasan daun,, berapa tuh jadinya? trus kira2 berapa ya ongkir nya ? Oya rumah saya dibogor, tpi bisa gak ya pke alamat tmpat krja suami, soalnya alamat yg sy tempati kurang lngkap, alamat tmpat krja suami di ciluar bogor , trus bagaimana cara pmbayarannya ? mohon responnya ..trimakasih

    • Rikie Kartadie
      3 August 2012 at 10:09 am

      bisa aja mbak, untuk harga yang 100gr, harga @12rb. untuk pembelian bisa ditransfer, ker rekening kami. teh akan dikirim h+1 setelah konfirmasi transfer kami terima. info lanjut, norek dll, bisa hubungi 0878 3910 9570 dgn fitri.

  9. ochienaka
    1 December 2012 at 1:02 pm

    assalamualikum..smga msh eksis y jualan na.. aq mw tanya dl donk..kalo kmasan kapsul itu kapsulnya terbuat dr apa?isinya mungkin memang pure daun jati cina tp kapsulnya itu sndiri aman kah untuk pencernaan?tq

    • Rikie Kartadie
      1 December 2012 at 2:21 pm

      kapsul yang kita gunakan dari gelati sapi mbak.. dan biasa digunakan pada industri obat pada umumnya.

  10. dewy
    6 January 2013 at 9:03 pm

    sist efek sampingnya bisa ke ginjal tidk? klo kita minum ini secara rutin terimakasih

    • Rikie Kartadie
      7 January 2013 at 9:57 am

      Mohon cek di comment sebelumnya.. udah pernah dibahas kok… makasiih🙂

  11. 1 August 2013 at 7:17 pm

    Hi, I do believe your site might be having web browser compatibility problems.
    When I look at your blog in Safari, it looks fine
    however when opening in Internet Explorer, it’s got some overlapping issues.

    I merely wanted to provide you with a quick heads up! Apart from that, wonderful blog!

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: