Home > Ubuntu > Sering Menginstal Aplikasi Secara Online???

Sering Menginstal Aplikasi Secara Online???


Lama tak menulis… bukan karna malas, tapi karna waktu yang tak bersahabat dan kesibukan yang menjepit..🙂 (bela diri..) berikut sedikit tulisan untuk pemanasan lagi..🙂

Mungkin anda sama seperti saya, seorang pengguna Ubuntu yang selalu menginstal aplikasi secara online. Jika benar maka ada baiknya anda memeriksa folder /var/cache/apt/archive/

Ketika saya memeriksa folder /var/cache/apt/archive/ saya menemukan file-file aplikasi yang pernah saya install secara online.

Sebenarnya synaptic telah memberitahukan bahwa ketika menginstall aplikasi secara online maka proses awal yang dilakukan adalah mendownload baru setelah itu dilakukan penginstalasian aplikasi tersebut, namun saya tidak terlalu ambil pusing dengan pemberitahuan itu dan saya tidak tahu dimana persisnya file-file itu disimpan.

Baru setelah seorang teman memberitahukan maka saya lakukan pengecekan ternyata benar, file-fie tersebut di simpan di folder /var/cache/apt/archive/ dan setelah saya cek kapasitasnya ternyata sekitar 2 Giga. Kapasitas sebesar itu sungguh sangat disayangkan jika digunakan untuk menyimpan file-file yang sangat jarang digunakan (kegunaan file-file tersebut adalah untuk melakukan reinstall aplikasi jika diperlukan). setelah dipertimbangkan maka saya memutuskan untuk membackup file-file tersebut  dan setelah itu saya langsung menghapus file-file tersebut.

Hasilnya, saya kini memiliki tambahan ruang kosong sebesar 2 Giga didalam partisi system saya dan itu berarti saya bisa menginstall aplikasi tambahan lagi🙂

Categories: Ubuntu
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

