Home > Ubuntu, Ubuntu 9.10 > Ubuntu 9.10 Karmic dan USB Modem Hw E169

Ubuntu 9.10 Karmic dan USB Modem Hw E169


Release nya ubuntu 9.10 membawa demam tersendiri buat saya.

Saya mencoba mendapatkannya sejak awal release tanggal 29 Oktober 2009, mulai dari mencoba upgrade dari ubuntu yang telah terinstall jaounty 9.04 , alhasil… saya gagal (maklum koneksi yang saya gunakan lemot.. hehehehe) dan jadilah saya install 9.04 nya dari awal lagi.

Akhirnya saya putuskan untuk mendownload langsung. Butuh waktu hampir 3 minggu untuk selesai (terimakasih Gwget) sehingga download serasa menyenangkan😦 .

Setelah selesai download, saya dengan yakinnya new installation ke Laptop saya. saya korbankan jounty yang selama ini menemani saya, setelah selesai.. ada beberapa hal yang membuat tersenyum,

  1. Pada Ubuntu Karmic 9.10, booting terasa lebih cepat dari pendahulunya 9.04.
  2. Tampilan dan grafis yang menawan.
  3. Tidak ada lagi layar laptop saya yang meredup sendiri.
  4. beberapa software yang telah terupdate.

Namun, ternyata selain kelebihan tersebut, ada juga kekurangannya. Ternyata ada beberapa kekurangan.

Yang paling menyakitkan adalah USB modem Hw E169 saya tidak terditeksi sebagai modem, hanya sebagai USB storage biasa.

Cemberut melanda wajah… Selain USB modem ini adalah satu-satunya penghubung saya dari rumah dengan internet, saya sudah terlanjur beralih ke 9.10

Ternyata, setelah menggunakan 9.04 live CD dan konek ke mbah google, ada bug yang terjadi di 9.10, yaitu kernel untuk USB modem tersebut. Setelah berusaha mencari ternyata obatnya hanya 2 file deb yang totalnya sekitar 29 Mb saja, yaitu

linux-image-2.6.31-14-generic_2.6.31-14.48lp451337apw1_i386.deb sebesar 28Mb dan

linux-headers-2.6.31-14-generic_2.6.31-14.48lp451337apw1_i386.deb sebesar 668 Kb.

setelah melakukan install 2 paket kernel tersebut.. maka USB Modem sayapun dapat digunakan dan dapat membawa saya ber internet lagi.

Namun ada lagi yang belum terjawab.. semoga ada yang mau membantu,

Mengapa setelah install Zekr (pada 9.04 berjalan dengan indahnya) program berjalan lalu tertutup dengan sendirinya….?

Categories: Ubuntu, Ubuntu 9.10
  1. 29 November 2009 at 12:00 am

    mas Riekie, mau ga ngajari saya untuk masang linux dengan cara double os gimana buatnya, terus klo netbook saya udah ada xp home original khan sayang klo dikorbankan, gimana caranya saya bisa pasang linux di netbookku

    • Rikie Kartadie
      29 November 2009 at 7:35 pm

      Mas Adyt, untuk menginstall double OS (terutama untuk yang tetap ingin menggunakan OS lain selain Ubuntu(linux), bisa dilakukan dan sangat mudah, yang pertama siapkan dulu partisi yang akan anda gunakan sebagai tempat anda menginstall ubuntu. Selanjutnya install ubuntu anda seperti biasa, dan biarkan Ubuntu(linux) bekerja. Sesederhana itu? jawabannya Ya.. selamat mencoba

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

