Home > Ubuntu > Berbagi Koneksi Internet di Ubuntu 9.04

Berbagi Koneksi Internet di Ubuntu 9.04


Internet Connection Sharing (ICS) adalah salah satu sarana untuk berbagi koneksi Internet dengan komputer lain dalam satu jaringan LAN. Komputer yang memiliki koneksi Internet harus dikonfigurasi agar berfungsi sebagai gateway, sedangkan komputer lainnya terkoneksi ke Internet secara tidak langsung melalui komputer gateway tersebut. Sebagai gateway, saya menggunakan Laptop (Lawas tapi setia) dengan sistem operasi Ubuntu 9.04 (Jaunty Jackalope) dengan modem Hwawei E169 yang terkoneksi ke Internet yang auto detect di Ubuntu. Sedangkan sebagai kliennya saya menggunakan Laptop …(maaf tanpa menyebutkan merk) yang juga menggunakan sistem operasi Ubuntu 9.04. Kedua Laptop tersebut terkoneksi melalui kabel UTP.

Beberapa forum merekomendasikan penggunaan Firestarter sebagai firewall sekaligus gateway. Firestarter memiliki fitur Internet Sharing yang dapat langsung kita aktifkan melalui layar konfigurasinya. Namun, saya tidak pernah berhasil melakukan konfigurasi dengan Firestarter.

Konfigurasi LAN Jika secara fisik kedua komputer telah terhubung melalui kabel UTP, konfigurasi LAN bisa kita lakukan dengan mudah melalui applet Network Manager. Klik menu System > Preferences > Network Connections (atau bisa juga dengan klik kanan icon Network Manager dan pilih Edit Connections), kemudian pada tab Wired, tambahkan profil baru dengan mengklik tombol Add. Berikan nama “Internet Sharing” dan centanglah pilihan “Connect Automatically”. Pada tab IPv4 Settings, pilih metode Manual, dan tambahkan alamat berikut:

  • Address : 192.168.0.1
  • Netmask : 255.255.255.248
  • Gateway : Kosong

Klik Apply untuk menerapkan perubahan. Pada komputer klien, lakukan juga langkah di atas dengan isian sebagai berikut:

  • Address : 192.168.0.3
  • Netmask : 255.255.255.248
  • Gateway : 192.168.0.1
  • DNS Servers : 192.168.0.1

Untuk mencoba jaringan LAN tadi, saya lakukan “ping 192.168.0.1″ pada terminal di komputer klien. setelah mendapat respons (reply), maka jaringan sudah terkonfigurasi dengan baik.

Konfigurasi Internet Sharing Pada komputer gateway, buka terminal dan berikan perintah berikut:

sudo apt-get install dnsmasq ipmasq

sudo /etc/init.d/dnsmasq restart

dpkg-reconfigure ipmasq

Untuk menjalankan ufw, berikan perintah :

ufw enable

Setelah dicoba untuk mengakses Internet melalui komputer klien, langsung bisa mengakses Internet melalui perantara komputer gateway.

Untuk mengkonfigurasi ufw, saya bisa mencoba tool gufw yang merupakan tool GUI untuk mengontrol ufw. Lakukan instalasi gufw dengan perintah “sudo apt-get install gufw”.

Semoga bermanfaat.

Sumber :www.google.co.id dan sumber lainnya.

Categories: Ubuntu
  1. Aku
    17 August 2009 at 5:33 pm

    Mari Berbagi..mari berbagi…

  2. 28 August 2009 at 10:39 am

    Makasi atas infonya, bermanfaat banged.. hehe tapi saya coba masi gagal ni ya, padahal sudah saya ikuti perintah semua yang om jelasin.. tapi kuk masi belum bisa ya…

    • Rikie Kartadie
      29 August 2009 at 9:35 am

      Makasih atas responnya, mau tanya dulu nih.. untuk client udah bisa ping ke PC/laptop gateway belum pak.. kalo belum, intinya adalah gimanacaranya LAN ya jalan dulu, setelah konek, baru dibuatkan routingnya. jangan routingnya dulu. kemudian pakah SM nya udah bener? Tapi makasih ya.. ntar kita cek bersama dimana salahnya.

  1. 10 February 2010 at 10:59 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: