Home > Networking > Upload Foto Via Handphone

Upload Foto Via Handphone


Sering buka Facebook Mobile dari handphone? Pengin bikin live report acara ngumpul bareng2 temen di bioskop, kafe, mall, atau restoran tapi terkendala nggak bisa upload foto dari Facebook Mobile? Bagi pengguna BlackBerry (BB) hal ini bukan suatu kendala karena aplikasi FB di BB mampu melakukan hal tersebut. Bagi pengguna handphone (smartphone), nggak perlu berkecil hati. Tetep bisa kok, cuma perlu usaha sedikit lagi.

Mengutip status teman (Ceacilia) di FB “Orang-orang yang paling berbahagia tidak selalu memiliki hal-hal terbaik, mereka hanya berusaha menjadikan yang terbaik dari setiap hal yang hadir dalam hidupnya.” Nah, marilah kita jadikan handphone kita dengan segala keterbatasannya menjadi yang terbaik. Siap? Silahkan dilanjutkan membaca.
Download Shozu
Untuk bisa melakukan upload foto ke Facebook, kita membutuhkan bantuan aplikasi lain (pihak ketiga) di handphone kita. Aplikasi itu namanya Shozu. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan installasi Shozu di Handphone kamu:
1. Kunjungi website Shozu (http://www.shozu.com/) langsung dari HP kamu (dari PC juga bisa). Jangan khawatir ngabisin pulsa, otomatis kamu dibawa ke halaman mobile Shozu yang cukup kecil dan ringkas.
2. Klik tombol “Get Started Now” kamu akan dibawa ke halaman informasi download Shozu.
3. Klik tombol “I want the application”, kamu akan dibawa halaman download Shozu.
4. Klik link “Download Shozu”, kamu akan dibawa ke halaman untuk memilih merk dan tipe handphone kamu. Pilih merk dan tipe handphone yang sesuai. Karena beda merk dan tipe, beda pula aplikasi Shozu yang dikirimkan.
5. Setelah memilih merk dan tipe handphone yang sesuai, klik link “Download Shozu”. Proses download aplikasi dimulai.
6. Setelah download selesai, lanjutkan dengan instalasi aplikasi sesuai dengan merk dan tipe HP kamu (kalo nggak bisa, baca buku manual HP kamu).
7. Aplikasi Shozu telah terinstall.
Registrasi Shozu
Setelah proses installasi selesai, kamu harus melakukan registrasi ke Shozu (kecuali bagi yang pernah punya account Shozu sebelumnya). Prosesnya adalah sbb:
1. Klik tombol fungsi di HP kamu (tombol kecil sebelah kiri), pilih menu “Sign Up”.
2. Shozu akan memulai proses aktivasi dengan melakukan koneksi ke internet dan mengirimkan sebuah sms ke kamu. Simpan sms dan jangan dihapus karena berisi username dan password kamu. Sebaiknya kamu login dulu ke website Shozu dengan username dan password dalam sms itu.
3. Login ke website Shozu dengan username dan password di sms yang diterima. Shozu akan mengetahui bahwa kamu baru saja login dari username dan password sms dan kamu akan diminta untuk membuat username dan password yang permanen.
4. Masukkan username, password, email dan nomor HP kamu, lalu klik tombol “OK”.
5. Proses registrasi berhasil
Menambahkan Situs ke Shozu
Langkah berikutnya adalah menambahkan situs. Ada banyak situs yang bisa kita hubungkan ke Shozu (MySpace, Flickr, Picasa, Youtube, Facebook, Twitter, Blogger, dll). Sebagai contoh kita tambahkan situs Facebook saja. Prosesnya adalah sbb:
1. Jalankan aplikasi Shozu (kalo nggak tahu caranya, baca buku manual HP kamu).
2. Klik ikon Facebook akan muncul pertanyaan konfirmasi “Add Facebook?”. Jawab saja dengan “OK”.
3. Masukkan username (email) di Facebook. Shozu akan mengirimkan sebuah email kepadamu yang menjelaskan bahwa kamu harus melakukan setting berikutnya dari situs web Shozu. Sebaiknya kamu melakukan setting selanjutnya dari komputer (walau dari handphone juga bisa, tetapi kemungkinan besar tidak semulus dari komputer).
4. Buka email dari Shozu. Klik link dalam email tersebut, kamu akan dibawa ke halaman “My Shozu”.
5. Pada box “1. Connecting ShoZu to your Facebook account”, klik tombol “Go to Facebook”. Lanjutkan dengan login ke akun Facebook kamu dan selanjutnya kamu akan dibawa kembali ke halaman “My Shozu”.
6. Pada box “2. Allow Shozu to stay connected to Facebook”, klik tombol “Back to Facebook”. Kamu akan dibawa ke halaman Facebook.
7. Pada box “Izinkan Akses Offline”. Klik link “Izinkan Akses Offline”. Kamu akan dibawa kembali ke halaman “My Shozu”.
8. Pada box “3. Enable your friends to see what you send”, klik tombol klik tombol “Back to Facebook”. Kamu akan dibawa ke halaman Facebook.
9. Pada box “Izinkan Unggah Foto dari ShoZu?”, klik tombol “Izinkan Mengunggah Foto”. Kamu akan dibawa ke halaman “My Shozu”.
10. Pada box “4. Update your Facebook status with ShoZu”, klik tombol klik tombol “Back to Facebook”. Kamu akan dibawa ke halaman Facebook.
11. Pada box “Izinkan Pembaruan Status dari ShoZu?”. Klik link “Lanjutkan”. Kamu akan dibawa kembali ke halaman “My Shozu”.
12. Facebook telah berhasil dihubungkan dengan Shozu.
Upload foto ke Facebook
Berikutnya adalah memanfaatkan aplikasi Shozu untuk upload foto ke Facebook. Caranya gampang banget yaitu sbb:
1. Jalankan aplikasi Shozu (kalo nggak tahu caranya, baca buku manual HP kamu).
2. Klik ikon Facebook
3. Klik ikon “Send to Facebook”
4. Pilih foto-foto yang akan kamu send dengan cara “Mark Multiple”
5. Klik tombol fungsi “Send”.
6. Foto telah terupload di Facebook kamu dalam album “My Shozu”.
Gampang kan? Ingat, keterbatasan bukan berarti ketidakmampuan. Walau HPku terbatas fiturnya, tapi tetep bisa upload foto di facebook.

Selamat upload foto di Facebook dari HP kamu. Kalo berhasil, kasih komen catatan ini ya. Thx.
Walau hasilnya tidak se ekslusif BB tapi tetep aja Oke..🙂

Categories: Networking
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: